Olahraga untuk Penderita Diabetes

Tidak ada satupun orang di dunia ini yang mau disinggahi oleh penyakit, termasuk penyakit diabetes. Apalagi penyakit ini kita kenal dengan pembunuh diam-diam. Hal ini dikarenakan banyak dari kita yang justru tidak sadar sudah terkena diabetes. Karena itulah sedapat mungkin kita mencegah penyakit yang satu ini salah satunya dengan rajin berolahra. Memang bagi penderita diabetes, persiapan sebelum melakukan aktifitas fisik ini harus lebih diperhatikan dibandingkan dengan orang yang memiliki kadar insulin normal. Namun bukan berarti kita harus meninggalkan olahraga. Karena menjaga tubuh bugar tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apa saja persiapan yang harus kita ketahui dan lakukan sebelum melakukan olahraga untuk penderita diabetes?



1. Ketahui kadar Insulin di dalam tubuh kita
Hal ini dikarenakan ketika berolahraga otot memerlukan energy tambahan , selain itu tubuh akan melepaskan glukosa lebih untuk kembali memperoleh energy. Jika kita tidak memiliki cukup insulin, maka ini akan menjadi masalah kesehatan untuk kita.

2. Konsultasi dengan dokter
Ada baiknya untuk kita yang sewaktu belum mengetahui menderita diabetes dan sering melakukan olahraga ekstrim untuk berkonsultasi mengenai olahraga apa yang pas kita lakukan. Untuk amannya lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging ataupun senam.

Jangan lupa sebelum berolahraga dimulai untuk melakukan pemasanasan terlebih dahulu. Akan lebih baik kita berolahraga sering dengan frekuensi yang tidak terlalu panjang dibandingkan mengurangi intensitas olahraga namun ketika berolahraga dilakukan dengan durasi yang lama. Tentu saja ini akan menguras banyak tenaga. Olahraga berat tidak dianjurkan kepada penderita diabetes dikarenakan aktifitas berat ini akan menguras tenaga. Akibatnya kita akan berusaha mencukupi kekurangan insulin ini. Dikhawatirkan aktifitas pemulihan ini justru akan meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Ketika selesai berolahraga kebanyakan dari kita biasanya akan merasakan haus, sedapat mungkin jangan mengkonsumsi air gula dan utamakan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Karena dengan mengkonsumsi air putih yang banyak akan mengeluarkan purin di dalam tubuh. Dengan berolahraga bagi penderita diabetes juga akan mengurangi kadar lemak tubuh yang memungkinkan kita jauh dari Diabetes dan Obesaitas.

0 comments:

Post a Comment