Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu MenyusuuMenu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui - Tiada yang lebih membahagiakan ketika buah hati telah terlahir ke dunia dengan selamat. Karena itulah pemberian ASI eksklusif dapat kita lakukan sebagai rasa cinta terhadap sang buah hati. Hal ini dilakukan agar buah hati mendapatkan nutrisi yang cukup. Namun, sebagai Ibu menyusui kita harus pintar mencari menu makanan yang baik dan sehat. Makanan Ibu menyusui ini haruslah higienis. Menu makanan yang akan dikonsumsi oleh Ibu menyusui haruslah yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Karena makanan ini nantinya juga akan menjadi makanan untuk si bayi. Apa saja yang menjadi menu makanan sehat untuk Ibu menyusui yang harus dikonsumsi? Berikut menu makanan sehat tersebut:

1. Lauk Pauk
Hampir sama dengan yang lainnya, Ibu menyusui juga membutuhkan nilai gizi yang cukup yag bisa ditemui pada ikan, telur, daging sapi maupun ayam. Namun perlu diingat konsumsi ini dengan sedikit garam saja. Sedapat mungkin kurangi lauk pauk yang diolah dengan menggunakan banyak minyak. Akan lebih baik jika mengkonsumsi pepes maupun sup.

Jika kita lihat sebenarnya menu makanan Ibu menyusui ini tidak jauh berbeda dari yang kebanyakan, hanya saja konsumsinya sedapat mungkin di lakukan sesering mungkin. Minimal setiap tiga jam sekali secara bergantian. Sajian menu sedapat mungkin dengan menggunakan banyak kuah. Selain itu kurangi penggunaan garam dalam setiap sajian menu yang dikonsumsi. Hampir dikatakan tidak ada pantangan untuk makanan yang dikonsumsi selama menyusui, namun kurangi konsumsi alkohol, kurangi merokok, kopi dan juga teh.

2. Buah dan Sayuran
Banyak mengkonsumsi sayuran hijau khususnya dan juga buah-buahan dapat meningkatkan ASI. Sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk menambah produksi ASI ini diantaranya daun katu (Saurapus androgynus merr). Daun katu ini bisa dijumpai di sekitar kita, karena biasanya mudah tumbuh di pekarangan rumah. Variasi yang dapat dilakukan untuk mengolah daun katu ini adalah dengan merebus maupun menggulainya namun tidak diberi banyak cabe. Segala macam jenis buah segar yang banyak dijual di pasaran dapat Anda konsumsi, terutama kurma dan juga pepaya hijau yang telah dimasak terlebih dahulu dan dapat Anda jadikan sebagai sayur. Dengan bertambahnya produksi ASI, maka secara otomatis Anda bisa memberikan ASI eksklusif untuk si buah hati.

3. Susu
Susu yang dikhususkan untuk Ibu menyusui di pasaran sudah banyak dijual. Anda silahkan memilih susu yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Mengkonsumsi susu sapi ataupun susu kedelai biasa juga tidak menjadi masalah.

4. Kacang-kacangan
Menu makanan sehat untuk ibu menyusui yang terakhir adalah memperbanyak konsumsi kacang-kacangan sangat dianjurkan ketika dalam masa menyusui buah hati. Kacang-kacangan terutama kacang hijau dapat menambah produksi ASI. Anda bisa konsumsi 2 gelas bubur kacang hijau dalam seharinya. Konsumsi sup kacang merah juga sangat baik untuk Ibu menyusui.

0 comments:

Post a Comment